Selasa, 26 April 2016

Tutorial-Mengedit-template-blogger-Secara-Offline

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ
Hello sobat pengunjung blog bang Joni. Pada kesempatan ini kita akan bahas bagaimana cara blogger tunanetra mengedit template.
Seperti sobat ketahui bahwa kalau seseorang itu sudah tunanetra tentu tidak bisa lagi mengenal sesuatu dengan menggunakan mata.
Oleh karena itu banyak orang tidak percaya ada blogger tunanetra. Ya itu karena mereka belum melihat lansung bagaimana tunanetra menggunakan komputer.
Kalau orang yang sudah melihat tunanetra begitu lancarnya mengoperasikan komputer tentu dia akan percaya 100%.
Semangkin lihainya tunanetra menggunakan komputer mereka tidak lagi butuh layar monitor. Nah bagaimana lihai kan? Wahahahaha,
Saya yakin 1000% sobat yang sudah master dalam dunia komputer tidak akan sanggup ngenet dengan komputer tanpa layar monitor.
Sementara kalau seorang tunanetra tidak master mereka sanggup melakukan hal tersebut. Hehehe-hehehe, sobat tidak percaya?
Mau bukti? ayo datang ke rumah saya di Bengkulu. Kalau tidak silahkan download dan install JAWS (Job Access With Speech)
Job Access With Speech ini bisa sobat download di: www.freedomscientific.com/. Perhatian aplikasi ini berbayar. Tapi sobat tetap dapat mencoba aplikasi JAWS ini. Kalau hanya untuk sekedar mencobanya silahkan install yang versi demo saja.
Dengan bantuan aplikasi JAWS inilah tunanetra bisa mengakses komputer dan bisa menjadi seorang blogger. Memang ada aplikasi yang lain sih, Seperti NVDA dan masih banyak aplikasi yang serupa dengan JAWS. Tetapi aplikasi yang lain itu tidak sebaik JAWS membacakan text kepada kita-kita tunanetra ini.
Bagaimana cara kerja aplikasi ini bang?
Apa bila aplikasi JAWS ini sudah terinstall dikomputer kami maka text yang tampil pada layar komputer akan dibacakannya. Sehingga kami merasa sudah punya asisten peribadi untuk membacakan layar monitor komputer kami.
Jadi komputer yang sudah diinstall JAWS akan ngoceh terus menerus. Kalau komputer saya sedang dipakai anak maka speaker lansung hilang volumenya. Ya karena orang melihat merasa terganggu dengan bunyi suara JAWS tersebut.
Pertanyaan: apakah aplikasi ini sudah bisa membacakan text diinternet dalam bentuk apa saja bang?
Saya katakan kepada sobat, inilah kekurangan aplikasi ini, dibandingkan dengan orang lansung yang membacakan layar komputer kami. Masih tetap ada juga text yang tidak terbaca olehnya. Seperti mengedit template lansung diblog itu belum terbaca oleh JAWS ini.
Oleh karena itu saya informasikan kepada teman-teman blogger tunanetra, Kalau anda mau mengedit template silahkan download terlebih dulu template tersebut. Atau kalau anda mau menggunakan sebuah template dari penyedia template pihak ketiga, maka sebelum anda unggah itu template editlah terlebih dulu.
Untuk mengedit template sobat bisa menggunakan aplikasi Notepad++. Dengan Notepad++ ini sobat dapat mengakses apa saja dalam template blogger.
Tenang sobat aplikasi ini geratis 100%. Jadi anda tidak perlu khawatir memakai Notepad++ ini. Hebatnya aplikasi ini sudahlah geratis, sangat akses pula dengan pembaca layar JAWS.
Untuk saat ini Notepad++ sudah mencapai versi v6.9.1. Release Date: 2016-03-28

Cara Mengedit Template Blogger Dengan notepad-plus-plus

Info kepada seluruh sobat blogger tunanetra, kalau anda mau mengedit template blogger, untuk saat ini saya rasakan sendiri kita hanya bisa melakukannya secara offline saja.
Oleh karena itu maka di sini akan saya sampaikan kepada sobat bagaimana caranya mengedit template blogger secara offline.
Mengedit template secara offline yang saya maksudkan itu adalah: sobat tidak perlu tersambung keinternet dalam melakukan hal tersebut.
Ok, sekarang silahkan simak baik-baik langkah-demi-langkah berikut ini untuk mengedit template tersebut:
  1. Carilah template yang anda sukai.
    Template gratis banyak juga yang bagus-bagus, baik template buatan luar negeri dan begitu juga dengan template buatan anak negeri sendiri. Silahkan anda sesuaikan dengan keinginannya dan kemampuannya dalam menguasaai tutorial.
    Kalau sobat ingin template buatan anak bangsa sendiri anda bisa dapatkan template buatan: mas Sugeng dengan alamat http://sugeng.id/ dan template buatan mbak Arlina Fitriyani dengan alamat www.arlinadzgn.com/
    Silahkan lihat dulu demo template yang sudah anda temui.
  2. Setelah anda lihat demo template itu, dan anda rasa cocok dengan seleranya silahkan download. Setelah terdownload simpanlah dengan baik.
  3. Download aplikasi notepad plus-plus. Untuk mendownload notepad plus-plus sobat bisa lansung download di web asalnya di:
    https://notepad-plus-plus.org/download/v6.9.1.html
    Atau lansung klik ini: Notepad-plus-plus-v6.9.1.
  4. Setelah notepad selesai anda download silahkan install kekomputernya.
    Menginstall notepad ini sama saja dengan menginstall aplikasi yang lain. Tapi jangan sampai lupa mencentangi As default html viewe.
  5. Kalau notepad sudah terinstall pada komputer anda, Sekarang anda sudah bisa mengedit template blogger yang sudah anda download tadi.
    Pastikan extension file template yang tadi anda download .xml. Bukala folder tempat anda menyimpan template itu.
    Sorot atau tepatkan kursor ke template yang mau diedit. Kemudian tekan tombol aplikasi atau klik kanan. Terus klik edit with notepad++.
     Edit Template
  6. Kalau anda sudah klik edit with notepad++, Di sinilah sobat lihat dan cari kode-demi-kode yang ada pada sebuah template. Silahkan anda cari kode yang mau diedit.
    Caranya lihat tutorial template yang akan sobat edit, perhatikan bagian-bagian yang perlu anda edit.
    Setelah sobat tahu apa saja yang akan diedit, kopylah kode yang terdapat pada tutorial tersebut. Terus kembali pada template, Tekan ctrl+F, pastekan kode yang telah anda kopy tadi dan tekan enter.
    Kalau anda tidak salah kopy maka akan anda temui lansung apa yang dicari. Silahkan hapus kode yang harus dihapus dan masukkan kode atau url yang harus sobat masukkan. Setelah semua selesai sobat edit tekanlah ctrl+S. Selesai mengedit template.

Cara mengunggah template keblog

Setelah sobat selesai mengedit sebuah template secara offline, maka anda harus mengunggahnya keblog untuk melihat hasil dari editan tersebut. Untuk mengunggah file template silahkan klik:
blogger > Opsi lainnya > template > Cadangkan / Pulihkan > telusuri
Kemudian untuk masuk ke drive komputer tempat menyimpan template tadi tekan tombol shift+tab 2 atau 3 kali. Kemudian telusurilah dengan panah atas/bawah dan kanan/kiri sampai dapat drive tersebut. Setelah dapat tekan tab satu kali dan cari template itu.
Setelah ketemu tekan enter pada nama template yang berextension .xml tadi. Kemudian tekan lagi tab satu kali, terakhir tepatkan dengan panah atas/bawah ketombol unggah button dan tekan enter.
Sekarang tunggu hingga template benar-benar terunggah. Kalau tidak ada kesalahan dalam mengedit tadi maka template akan terpasang dengan baik pada blog sobat. Tapi kalau ada kesalahan akan ada peringatan kesalahan tersebut tampil pada layar komputernya.
Setelah berhasil template diunggah silahkan buka blog sobat untuk melihat hasilnya. Baca juga. Cara-Mudah-Membuat-Email-Gmail-Baru Demikianlah tutorial mengedit template blogger offline. Semoga bermanfaat, Lebih dan kurang harap maklum karena hari sudah terlalu malam. Akhir kata terimakasih.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 komentar

boleh coba ni hemat paket

Balas

InsyaAllah semua komentar sobat saya baca.
Tetapi mungkin tidak semua yang sobat tanyakan bisa saya jawab.
Karena keterbatasan ilmu saya. Tetapi saya usahakan menjawabnya.
Komentar yang tidak sesuai tema mungkin tidak semestinya sobat sampaikan. Jadi saya harap sobat berkomentar sesuai dengan pembahasan yang di atas;
Peringatan. Tolong komentar spam jangan sobat buat dan jangan juga menyertakan link hidup. Kalau komentar seperti itu masih sobat Publikasikan maka jangan harap saya approve komentarnya.
Semoga sobat mengerti apa yang menjadi alasan saya membuat peraturan seperti itu.
Jika ada suatu hal yang akan sobat sampaikan kepada saya, silahkan sampaikan:
Pada contact ini
Demikian dari saya selamat berdiskusi semoga diskusinya bermanfaat untuk orang banyak.